Blogger news

Pages

Selasa, 30 September 2014

ENDOSKOP ALAT KEDOKTERAN BERBASIS KOMPUTER

Pengertian

Endoskop adalah suatu alat yang digunakan untuk memeriksa organ dalam tubuh (khususnya saluran cerna) secara visual sehingga dapat dilihat melalui layar monitor. Sehingga setiap kelainan organ dalam tubuh dapat diketahui dengan sejelas-jelasnya.

Sejarah

Endoskopi pertama dikembangkan pada tahun 1806 oleh Philipp Bozzini di Mainz dengan pengantar dari "Lichtleiter" (konduktor light) "untuk pemeriksaan kanal dan rongga tubuh manusia". Namun, Wina Medical Society setuju akan keingintahuan tersebut. Endoskopi pertama kali diperkenalkan ke manusia pada tahun 1822 oleh William Beaumont, seorang ahli bedah tentara di Mackinac Island, Michigan. Penggunaan lampu listrik adalah langkah besar dalam peningkatan endoskopi. Lampu yang pertama adalah eksternal. Kemudian, lampu kecil tersedia membuat cahaya internal, misalnya dalam hysteroscope oleh Charles David pada tahun 1908. Hans Christian Jacobaeus telah diberikan kesempatan untuk eksplorasi endoskopi awal dari perut dan dada dengan laparoskopi (1912) dan thoracoscopy (1910). Laparoskopi digunakan dalam diagnosis penyakit hati dan kandung empedu oleh Heinz Kalk pada 1930-an. Harapan dilaporkan pada tahun 1937 mengenai penggunaan laparoskopi untuk mendiagnosis kehamilan ektopik. Pada tahun 1944, Raoul Palmer menempatkan pasien dalam posisi Trendelenburg setelah distensi gas dari perut sehingga mampu melakukan laparoskopi ginekologi.

Manfaat Endoskop 

1.  Dapat melakukan operasi tanpa melakukan pembedahan,misal pengangkatan jaringan tumor
2.  Dapat menggantikan fungsi tindakan operasi, lebih nyaman, biaya lebih murah dan efisien
3.  Dapat melakukan diagnostik yang cukup akurat
4.  Dapat mendeteksi adanya infeksi, bisul, tumor, radang, dll.

Cara Kerja

Endoskopi dimasukkan  melalui lubang tubuh alami atau sayatan kecil. Sebagai contoh, endoscopy dimasukkan melalui pemotongan bedah kecil di daerah panggul atau perut. Pada pria, endoskopi saluran kemih dilewatkan melalui lubang uretra. Endoskopi pencernaan dapat dimasukkan melalui mulut atau anus.


Sifat Komputer

Input                   :    Tombol Kontrol yang digunakan untuk menggerakkan alat endoskop  pada saat di masukkan ke dalam tubuh pasien
Output                    :    Layar monitor
Proses                :  Menampilkan hasil rekaman  yang telah direkam oleh alat endoscope yang dimasukkan ke dalam tubuh
Penyimpanan         :   Penyimpanan jangka pendek hasil rekaman pada monitor

0 komentar:

Posting Komentar