Blogger news

Pages

Minggu, 05 Oktober 2014

CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR

"Sering mencuci tangan bukan berarti anda sudah melakukannya dengan benar. Jadi bagaimana sih sebenarnya mencuci tangan yang benar itu?"

CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR : KENAPA, KAPAN & BAGAIMANA
Tahukah anda? Paling tidak 80% dari penyakit menular itu ditularkan melalui sentuhan. Badan penelitian CDC, Center for Disease Control and Prevention, melaporkan 49.000 orang meninggal disebabkan oleh flu atau  tiap tahunnya  flu-like disease dan 5.000 orang lagi meninggal karena  penyakit menular melalui makanan.
Dari fakta dan data diatas dapat disimpulkan bahwa proteksi dan pencegahan terbaik adalah dengan mencuci tangan secara benar dan tepat. Sering mencuci tangan bukan berarti anda sudah melakukannya dengan benar. Jadi bagaimana sih sebenarnya mencuci tangan yang benar itu? Kapan, Kenapa dan Bagaimana? Yuk, kita telusuri lebih dalam.

KENAPA kita harus mencuci tangan kita secara baik dan benar?

Pada umumnya flu dan pilek yang disebabkan oleh virus, tersebar melalui kontak secara langsung. Seseorang yang menderita flu apabila bersin dan menutup dengan kedua tangan lalu menyentuh telepon, keyboard ataupun gelas minuman. Kuman tersebut dapat menetap dan hidup beberapa jam di benda yang disentuh tersebut sampai menyebar ke orang lain. Oleh karena itu, peranan cuci tangan untuk pencegahan dan penyebaran penyakit itu sangatlah penting.
“Cuci tangan masih merupakan cara terbaik untuk mencegah flu dan infeksi pernafasan yang ditularkan dari tangan ke mulut atau kontak melalui tangan ke hidung/mata”, kata dr. Samuel N. Grief, direktur medis Rumah Sakit di Universitas Illinois, Chicago.
Sebelum tahu CARA cuci tangan yang baik, Anda harus tahu KAPAN saja saat yang tepat untuk mencuci tangan?
Ketahui kapan dan aktifitas apa saja yang penting dan tepat bagi kita untuk melakukan cuci tangan : 
  • Sebelum & setelah menyiapkan makanan, terutama apabila bahan makanannya mentah (ikan atau daging mentah)
  • Sebelum makan
  • Setelah mengganti popok anak
  • Setelah bersin, batuk atau meniup hidung
  • Setelah menggunakan toilet
  • Sebelum dan setelah memakai lensa kontak
  • Setelah menyentuh binatang atau kotorannya
  • Setelah menyentuh sampah
  • Sebelum dan setelah mengobati luka
  • Sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sakit atau terluka
Kalau sudah tahu kapan saja kita harus mencuci tangan, kita harus tahu bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar agar bisa mencegah penyakit melalui kegiatan cuci tangan. 

Ketahuilah BAGAIMANA langkah dan cara cuci tangan yang baik dan optimal! 

Center for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan 5 langkah melakukan cuci tangan yang baik dan optimal, yaitu:
  • Basuh tangan Anda dengan air yang bersih, kalau bisa yang hangat, menggunakan sabun
  • Gosok kedua tangan dan pastikan semua permukaan tangan terbasuh dengan air dan sabun
  • Gosokkan tangan dengan sabun selama 15 – 20 detik, atau setara dengan anda menggumamkan  lagu “happy birthday“ dua kali dalam hati.
  • Basuh keseluruhan tangan Anda di bawah air yang mengalir untuk memastikan kuman terbuang bersama dengan aliran air.
  • Gunakan tisu toilet atau hand dryer (pengering tangan otomatis) untuk mengeringkan tangan.
  • Sanitizer alkohol dapat digunakan sebagai pengganti cuci tangan ketika air dan sabun tidak tersedia.
Penelitian terbaru dari universitas Chicago menunjukkan, bahwa air dan sabun adalah yang paling efektif dalam menghilangkan virus influenza dari tangan. Alkohol sanitizer adalah pilihan kedua yang paling efektif setelah air dan sabun.

Anda juga harus tahu cara menggunakan cairan alkohol pembersih tangan!

Salah penggunaan cairan alkohol pembersih tangan akan menyebabkan virus influenza tidak terbunuh dengan baik. Nah, cara menggunakan cairan alkohol pembersih tangan yang baik dan benar adalah dengan membasuh kedua tangan dengan cairan alkohol dan menggosokkan kedua tangannya. Lalu pastikan semua permukaan terlumuri dan teruskan menggosokkan tangan hingga tangan kering.
Jadi ternyata dengan meluangkan waktu satu menit untuk mencuci tangan, Anda bisa mencegah penderitaan selama berminggu-minggu karena penyakit flu dan pilek. Semua ini pun Anda yang menentukan pilihan.
Yuk cuci tanganlah yang baik dan benar untuk pencegahan penyakit yang optimal!

Berikut video tentang "CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR":

0 komentar:

Posting Komentar